Selasa, 15 Februari 2011

PERPUSTAKAAN "GENERASI CERDAS"

LAPORAN PERPUSTAKAAN
"GENERASI CERDAS"
DESA SAWANGAN KECAMATAN PANINGGARAN KABUPATEN PEKALONGAN
JAWA TENGAH TAHUN 2008


LATAR BELAKANG

S
emangat membaca akan menentukan tingkat kecerdasan sebuah lingkungan sosial. Di dalam kegiatan membaca terdapat proses pembelajaran
diri pembaca terhadap pesan yang termuat dalam buku. Membaca juga menjadi langkah pasti untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan, serta hiburan yang sehat, mudah, dan murah.
Kenyataan yang terjadi didalam lingkungan masyarakat Desa Sawangan Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan, bahwa belum tumbuhnya semangat baca baik dari anak-anak sampai orang dewasa bisa dirasakan. Hal ini dipengaruhi oleh kuatnya cengkraman (hegemoni kapitalisme) media elektronik seperti televisi, internet, play station dan lain-lain. Selain itu disebabkan pula oleh kurang tersedianya pelayanan perpustakaan umum yang belum secara mudah dan dekat berada langsung di tengah-tengah masyarakat atau Desa-desa. Aspek lingkungan dan keluarga juga belum dapat mendorong dan menyediakan buku dan bacaan yang disebabkan oleh harganya yang cukupmahal, sehingga hobi membaca yang diminati tidak dapat tersalurkan.
Dampaknya adalah akses pendidikan luar sekolah melalui sarana perpustakaan yang seharusnya diterima warga khususnya anak sekolah (pelajar) menjadi terhenti, sehingga peningkatan kualitas diri dan kualitas produk yang dihasilkannya menjadi rendah.
Dengan keadaan yang demikian, maka keberadaan Taman Baca Masyarakat diharapkan dapat memberikan sarana dan media bagi terciptanya budaya membaca kalangan anak-anak usia pelajar dan masyarakat di Desa Sawangan. Maka kepedulian untuk menciptakan generasi masyarakat yang lebih baik melalui IPNU – IPPNU ranting Desa Sawangan dan PKK Desa Sawangan bekerjasama dengan pemerintah Desa Sawangan terbentuklah Perpustakaan warga “ GENERASI CERDAS “ di Desa Sawangan.
Namun harus diakui bahwa proses menuju cita-cita tersebut masih memerlukan jalan yang panjang, banyak kendala yang harus dihadapi, terutama sarana dan prasarana yang dimiliki saat ini masih sampai saat ini masih minim, oleh karena itu bantuan pengembangan dari pihak luar khususnya pemerintah masih sangat dibutuhkan.
Mudah-mudahan dengan adanya pendirian dan pengembangan Taman Baca Masyarakat ini nantinya dapat menjadi sebuah media untuk mendukung terciptanya budaya membaca. Yang mudah-mudahan dari budaya membaca ini dapat melahirkan generasi yang berkualitas, yaitu individu-individu yang cerdas, kritis, dan kreatif. 
 
IDENTIFIKASI PERMASALAHAN
  1. B elum adanya kesadaran masyarakat tentang perlunya taman baca
  2. Terbatasnya pendanaan untuk mendirikan bangunan ruang taman baca masyarakat
  3. Kurangnya identifikasi dan pemetaan potensi lingkungan dan wilayah
  4. Belum adanya relawan dan pengelola taman baca warga
  5. Jumlah buku masih minin dan belum mempunyai sarana prasarana taman baca warga

TUJUAN UMUM 
 
Terselenggaranya kegiatan Perpustakaan warga dan tercapainya budaya membaca Masyarakat Desa Sawangan diharapkan dapat menumbuh-lestarikan semangat baca dan semangat belajar masyarakat, yang dilaksanakan dengan sepenuh hati dan berkelanjutan sehingga tercipta masyarakat yang cerdas, kritis, dan kreatif.

TUJUAN KHUSUS
  1. Memberikan media pendidikan luar sekolah yang nyaman dan murah dalam lingkungan warga/masyarakat Desa Sawangan bagi anak-anak maupun orang dewasa.
  2. Menyediakan buku dan sumber referensi lainnya untuk lebih memperluas pengetahuan, wawasan, dan informasi yang dibutuhkan warga dalam mengembangkan kreativitasnya dan mencari solusi masalah yang dihadapi.
  3. Membuat ruang publik yang nyaman dan netral, yang bisa diakui oleh semua komunitas di desa, untuk duduk bersama, saling bersilaturahmi dan berbagi pengalaman.

HASIL YANG DIHARAPKAN
  1. Terciptanya sebuah ruang publik yang nyaman sebagai media berkreasi dan berinovasi yang mampu menjadi tempat untuk duduk bersama dalam menjalin kebersamaan sosial antar warga.
  2. Berkembangnya Perpustakaan Masyarakat, sebagai media pembelajaran organisasi komunitas dan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang baru dari kegiatan yang dilakukan dan buku yang dibaca.
  3. Masyarakat secara luas dapat memanfaatkan keberadaan taman baca masyarakat untuk meningkatkan kualitas dirinya.
  4. Pihak-pihak terkait memahami dapat menghargai upaya dalam pengembangan Perpustakaan Masyarakat di Desa Sawangan ini, melalui dukungan dan dorongan positif.

SASARAN

Sasaran pengelolaan Perpustakaan Masyarakat adalah semua warga masyarakat Desa Sawangan pada khususnya, dan masyarakat umum lainnya. 

 
SUSUNAN PANITIA PENDIRIAN PERPUSTAKAAN WARGA
GENERASI CERDAS “ DESA SAWANGAN

Pelindung : Kepala Desa Sawangan
Penasehat : Perangkat Desa Sawangan

Ketua  : Nasikhu H.D.
Wakil Ketua : Casgiatun
Sekretaris : Nur Khayati
Bendahara : Nurohmah
Seksi Humas : Karsono
Seksi Pendirian & Pengembangan : Kunairoh
Seksi Pengumpulan Buku : Nurmawati
Seksi Dokumentasi : Agus Agil Susilo


AGENDA KEGIATAN PENGELOLAAN
  1. Perencanaan Pendirian Perpustakaan Masyarakat
  2. Pembuatan Saung Perpustakaan Masyarakat Pengumpulan Buku
  3. Pelatihan Perpustakaan Masyarakat
  4. Launching Perpustakaan masyarakat
  5. Diskusi Rutin Media Komunitas Warga
  6. Pertemuan Berkala dan Evaluasi

KEGIATAN PENGELOLAAN

PERSIAPAN
  1. Persiapan penyajian buku, meliputi ; pendataan buku, pemberian label kode buku, sampul buku, stempel, penempatan buku berdasar klasifikasi, dan lain-lain.
  2. Persiapan pelayanan anggota, meliputi ; pembuatan kartu anggota, registrasi anggota, pembuatan buku sirkulasi, dll.
PELAKSANAAN

Kegiatan pengelolaan Perpustakaan Warga dilaksanakan setiap hari dalam satu minggu. Dibuka mulai jam 08.00 WIB sampai jam 21.00 WIB. Perpustakaan Masyarakat ditutup (tidak melayani kegiatan) apabila ada sesuatu hal.

EVALUASI

Evaluasi dilaksanakan satu bulan sekali pada minggu awal tiap bulan. Tujuannya untuk mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaan kegiatan Perpustakaan masyarakat, juga untuk mencari jalan keluar atau alternatif pemecahan masalah terhadap berbagai kendala yang dihadapi.

PELAPORAN

Pelaporan kegiatan dilakukan tiap jangka waktu tertentu kepada pihak-pihak terkait, yaitu ; donator buku, Dinas Pendidikan, kantor Kelurahan, Kantor Kecamatan dan masyarakat.


PROGRAM KEGIATAN
PELATIHAN PENGELOLA

Untuk memberikan pengertian/pemahaman kepada pengelola tentang kegiatan pengelolaan perpustakaan, dilaksanakan pada tanggal … . .

PEMBEKALAN ANGGOTA

Untuk memberikan pemahaman-pemahaman kepada anggota tentang maksud, arah, dan kaidah-kaidah yang ada didalam Taman Baca masyarakat.

PUBLIKASI

Melakukan kegiatan publikasi ke pihak luar seperti masyarakat, donatur dan pihak yang mau turut berpartisipasi dan membantu. 
 
KERJA SAMA

Kerjasama yang sedang dan akan dilakukan adalah :
Bekerjasama dalam proses praperencanaan pendirian Taman Baca masyarakat dengan Dinas Pendidikan, Perpustakaan Daerah Kabupayen Pekalongan, Komuniti Forestri Pekalongan, PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Paninggaran, PC. IPNU-IPPNU Kabupaten Pekalongan, Donatur pribadi dari masyarakat, Pemerintah Kecamatan Paninggaran.

RENCANA PENGEMBANGAN

Rencana Pengembangan Perpustakaan masyarakat kedepan, disamping sebagai perpustakaan diharapkan juga dapat menjadi media pusat informasi bagi warga Desa Sawangan, baik informasi dari dalam maupun dari luar. Sebagai ruang publik yang bersifat interaksi antar warga, dan tempat diskusi.
Pada unit usaha yang dikelola Perpustakaan masyarakat maka diharapkan dapat menjadi media promosi hasil produksi daerah.

FASILITAS YANG DIBUTUHKAN
    1. Penambahan Buku
Buku-buku yang dimiliki Perpustakaan Masyarakat saat ini masih sedikit baru 100 buah dari hasi pengumpulan awal. Untuk meningkatkan kualitas taman baca dan agar lebih tepat sasaran, maka dibutuhkan penambahan buku yang dimiliki perpustakan.
Buku-buku yang masih perlu ditambah adalah :
      • Buku-buku agama
      • Buku-buku pengetahuan umum
      • Buku-buku pertanian, peternakan, dan perkebunan.
      • Buku-buku pelajaran SD, SMP, dan SMA
      • Buku-buku fiksi anak
      • Majalah, komik, dan lain-lain.

  1. Sarana dan Prasarana.
Sarana dan prasarana yang dimiliki Perpustakaan Masyarakat saat ini masih terbatas, Karena masih menginduk di Balai Desa Sawangan sehingga masih sering mengalami kesulitan. Sarana dan prasarana yang masih dibutuhkan antara lain:
  • Ruang Taman Baca Masyarakat
  • Perlengkapan Taman Baca Masyarakat

KEBUTUHAN FASILITAS
  1. Sarana dan Prasarana Yang Dibutuhkan, antara lain :
    • rak buku : 3 set
    • karpet : 2 buah
    • kartu anggota : 500 buah
    • buku sirkulasi : 2 buah
    • buku tamu : 1 buah
    • mesin computer : 1 set
    • ruang kegiatan : 3,5 x 7 m
  1. Perlengkapan Buku Yang Perlu Diperlukan, antara lain :
  • buku-buku keagamaan : 50 judul
  • buku-buku pengetahuan umum : 100 judul
  • buku-buku peternakan : 20 judul
  • buku-buku pertanian : 20 judul
  • buku-buku ketrampilan : 20 judul
  • buku-buku pelajaran PAUD-SMU : 200 eksemplar
  • buku-buku fiksi anak : 100 judul
  • novel : 50 judul
  • komik : 50 judul
  • majalah remaja dan anak : 100 eksemplar
  • koran dan majalah : berlangganan

PENUTUP
Demikian proposal kami buat sebagai acuan untuk pedoman pelaksanaan pengembangan perpustakaan Perpustakaan Masyarakat nantinya, dan sebagai bahan pertimbangan untuk memperoleh bantuan pengembangan. Atas perhatian, dukungan, dan terkabulnya proposal ini kami sampaikan terima kasih.




Pekalongan, 11 November 2008

PERPUSTAKAA
“ GENERASI CERDAS “
DESA SAWANGAN


NASIKHU H.D.
KETUA

 

1 komentar:

Posting Komentar